Bahasa Indonesia English
PENGUMUMANSELAMAT DATANG DI WEBSITE DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN LAMPUNG BARAT, http://www.dprd-Lampungbaratkab.go.id

Rapat Paripurna penyusunan Revisi Tatib, Senin 26 Januari 2015

Bookmark and Share
27 Januari 2015 - 10:52:16 » Diposting oleh : » Hits : 1583 » Berita Dewan
Rapat Paripurna penyusunan Revisi Tatib, Senin 26 Januari 2015
LAMBAR – 35 anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Sepakati tunda pengesahan Kode Etik dan Tata Beracara Badan Kehormatan (BK) dan namun Tatib (tata tertib) tetap disahkan namun beberapa beberapa tatib mengalami perubahan di Ruang Sidang Sekertariat Dewan (Sekwan), Senin (26/1).
Heri Gunawan, ST., mengatakan, berdasarkan hasil kunjungan kerja Panitai Khusus (Pansus) ke DPRD RI bahwasanya untuk kode etik dan tatat bercara Bkrencanya akan dituangkan dalam Undang-Undang (UU) yang nantinya akan disahkan dalam program Legislasi Nasional (PROLEGNAS), maka untuk kode Etik dan BK tim Pansus sepakat untuk menunda pengesahannya.
“Untuk tatib DPRD ada beberapa pasal yang mengalami perubahan,” ucap Heri Gunawan yang akrab disapa Udo oleh para awak media.
Yakni, pasal 6 ayat 1 dalam rumusan peraturan daerah, anggota DPRD berjumlah 40 orang dan pada penyempurnaan anggota DPRD berjumlah 35 orang dan pasal 53 ayat 3 dalam rumusan peraturan daerah jumlah komisi sebagai mana dimaksud pada ayat (1) sebanyak 4 komisi pada rumusan penyempurnaan jumlah komisi berubah menjadi 3 komisi.
Lebih jauh dikatakan Politisi Demokrat, tersebut, pasal 53 ayat 2 pengucapan abjad dalam menyebut komisi yang sebelumnya adalah dengan huruf yakni komisi A Bidang pemerintahan Hukum dan Perizinan, komisi B dibidang Prekonomian dan Keuangan, komisi D dibidang Kesejahteraan dan Rakyat dan pada penyempurnaan nanti akan menjadi komisi 1 bidang Pemerintahan dan Hukum.
Komisi 11 bidang Perekonomian Keuangan dan pembvangaunan dan yang terahir komisi 111 bidang Kesejateraan dan Lingkungan Hidup.
Pasal 53 ayat 2 yakni pembidangan komisi sebagai mana dimaksud pada ayat 1 yaitu, komisi 1 bidang Pemerintahan, Hukum dan Perizinan memiliki mitra kerja yang meliputi Inspektorat, Badan Kepegawaian Daerah, badan Pemberdayaan Masyrakat dan Pemerintahan Pekon, Sekretariat DPRD.
“ Sekretariat KPU, Panwaslu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Kantor Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal (KP3M) Kantor satuan Polisi Pamong Praja, bagian Humas dan Protokol, bagian Pemerintahan, bagian hukum Organisasi Arsip dan Perpustakaan dan Kecamatan-Kecamatan,” jelas Heri Gunawan.
Komisi 11 bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan memiliki mitra kerja diantaranya, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD), Dinas Pertanian Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan, Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Koprasi Perindustrian Perdagangan dan Pasar. Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan dan badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA).
Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Perhubunganm Komunikasi dan Informasi, Dinas Kehutanan, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Bagian Pembangunan dan Bagian Perekonomian.
Komisi 111 Bidang Kesejateraan Rakyat dan Lingkungan Hidup memiliki mitra kerja, meliputi Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Badan Penanggulangan Bencana, Badan keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, Badan Lingkungan Hidup Kebersihaan dan Pertamanan, Kantor layanan Pengadaan, Rumah sakit Umum Daerah Liwa dan Kesejateraan Rakyat.
Terus dia, Heri Gunawan, menyampaikan Komposisi anggota Badan Anggaran DPRD ditetapkan sesuai dengan pasal 59 ayat 4 yakni, tiga orang Pimpinan DPRD, Lima orang wakil fraksi PDI-P, dua orang farksi Demokrat, dua orang fraksi Golkar, dua orang raksi Partai Kebangkitan Bangsa, satu orang fraksi gabungan dan tiga anggota DPRD yang berasal dari komisi masing-masing satu orang.
“Untuk Kode Etik dan tata beracara BK akan segera dilaksanakn pembahasan agar secepatnya dapat disahkan,” imbuhnya.
 

 

 

Berita Lainnya


Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • URL
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 152 + 3 = ?