Bahasa Indonesia English
PENGUMUMANSELAMAT DATANG DI WEBSITE DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN LAMPUNG BARAT, http://www.dprd-Lampungbaratkab.go.id

Nilai Ekspor Kopi Lampung Mencapai USD582 Juta

Bookmark and Share
25 Januari 2016 - 12:53:41 » Diposting oleh : » Hits : 1206 » Berita Umum
Nilai Ekspor Kopi Lampung Mencapai USD582 Juta

Bandar Lampung -- Nilai ekspor biji kopi robusta Lampung selama 2015 mencapai USD582,5 juta dengan volume sebesar 315.276 ton. Diharapkan, angka ini bisa terus meningkat dari waktu ke waktu karena berkaitan dengan tingkat perekonomian di daerah setempat.

"Ekspor biji kopi Lampung itu diharapkan lebih tinggi tahun ini atau minimal sama seperti pada 2015. Panen kopi pada tahun ini diperkirakan naik bila kondisi cuaca tak terlalu ekstrem," kata Ketua Renlitbang AEKI Lampung Muchtar Lutfie, seperti dikutip dari Antara, di Bandar Lampung, Senin (25/1/2016).

Ia menyebutkan, berdasarkan data dari Dinas Perdagangan Provinsi Lampung, pada 2015 ekspor biji kopi tertinggi terjadi di Agustus sebesar 40.358 ton senilai USD70,6 juta. Menurut dia, tingginya ekspor biji kopi pada Agustus itu mengingat panen raya kopi di Lampung terjadi pada Juni, Juli, dan Agustus 2015.

Selain Lampung, lanjutnya, beberapa daerah lain seperti Bengkulu dan Sumatera Selatan yang merupakan penghasil kopi robusta juga mengekspor komoditas tersebut melalui Pelabuhan Panjang, Bandarlampung. "Pengekspor kopi Lampung juga banyak membeli biji kopi dari dua provinsi tersebut," jelasnya.

Sementara panen kopi di Lampung pada 2016 diperkirakan hampir sama dibandingkan tahun lalu, mengingat curah hujan yang tidak terlalu ekstrem. Sunyoto (63) petani kopi asal Kabupaten Lampung Barat mengatakan panen kopi diperkirakan setelah Lebaran 2016 atau sekitar bulan Juli hingga Agustus.

Namun dirinya belum memperkirakan panen 2016 meningkat atau turun mengingat hujan baru terjadi pada Desember 2015. Ia berharap musim hujan tahun ini tidak terlalu ekstrem yang akan berakibat pada rontoknya putik atau bunga bakal buah biji kopi. "Jika hujan tidak terjadi pada malam hari, maka panen diperkirakan akan bagus," pungkasnya.(Lampost.co)

Berita Lainnya


Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • URL
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 125 + 4 = ?