Bahasa Indonesia English
PENGUMUMANSELAMAT DATANG DI WEBSITE DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN LAMPUNG BARAT, http://www.dprd-Lampungbaratkab.go.id

Paripurna Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Propinsi Lampung ke - 53

Bookmark and Share
03 April 2017 - 12:23:48 » Diposting oleh : » Hits : 673 » Berita Dewan
Paripurna Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Propinsi Lampung ke - 53

LAMPUNG BARAT - Hari ulang tahun Provinsi Lampung yang ke 53, Wakil Ketua I DPRD Lampung Barat (Lambar) Sutikno, membacakan sejarah berdirinya Provinsi Lampung di Ruang Sidang Marghasana, Sekretariat Dewan (Sekwan)

Dalam pembacaan sejarah berdirinya provinsi Lampung, Sutikno, mengatakan, dengan didahului oleh suatu keputusan bersama, seluruh Bupati dan kepala daerah Residen Lampung pada tahun 1962 tercetuslah “PETITIE” penuntutan agar keresidenan Lampung diubah statusnya manjadi Daswati I Lampung dan terpisah dengan Daswati I Sumatera Selatan.

Menurutnya, dengan Landasan itu pula 9 partai politik yang ada pada masa itu diambil inisiatif membentuk sebuah panitia yaitu segenap organisasi massa dan seluruh cabang partai politik se Lampung yang diundang dalam rapat tanggal 5 maret 1963 untuk meresmikan dan mengesahakan program perjuangan penuntutan berdirinya Daswati I Lampung yang di pusatkan di Gedung BPR Tanjungkarang.

“Akan tetapi karena tidak dapat restu dari penguasa perang pada masa itu rapat tersebut tidak dilanjutkan,”

Sementara, sebagaian panitia Eksekutif bertanggung jawab terhadap hal tersebut kepada penguasa perang. Seluruh wakil partai politik atau organisasi berkumpul dikantor panitia meneruskan rapat dan pada tanggal 7 maret  1963 dapat diresmikan berdirinya.

Tetapi perjuangan tidak sampai disitu saja, Politisi Demokrat tersebut, menuturkan, untuk mensukseskan perjuangan, panitia plaksana program, dibentuk perwakilan panitia di palembang dan Jakarta yang diserahkan kala itu kepada Achmad Ibrahim sebagai pimpinan, dengan tugas sebagai penghubung panitia dengan pemerintah daerah tingkat I Sumatera Selatan dan Pemerintah Pusat di Sumatera Selatan.

Dan pada tanggal 7 Januari 1964 diadakan rapat dinas oleh Gubernur yang dihadiri oleh Catur Tunggal untuk membicarakan persiapan–persiapan Daswati I Lampung yang berdasarkan SK menteri Dalam Negeri tanggal 14 Desember 1963 nomor BK 2/103/5472oleh Pemkab Sumatera Selatan dengan SK keputiusan tanggal 8 Januari 1964 nomor L5/1964, Pemerintah Pusat pada perinsifnya telah menyetujui pembentukan daerah.

Pada masa itu dibentuk Swantantra tingkat I Lampung yang dibentuk oleh tim asistensi yang di komandani oleh Anwar gelar datuk Madjo Basa Man Kuning, sebagai jabatan Pegawai Tinggi Ketataprajaan tingkat I Dapertemen dalam negeri.

Lalu, Wakil Ketua Hi. Zainal Abidin Pagaralam, jabatan residen Lampung, Sekretaris dan bendaharawan yaitu R. Juanda, S.H., sebagai jabatan pembantu utama Sekretaris daerah tingkat I Sumatera Selatan dan pembantu-pembantu, Hi. Mussid Alamsyah carapeboka jabatan kala itu, Bupati dpd kantor Residenan Lampung, pembantu Sekretaris dan R. Achmad, Sekretaris keresidenan Lampung, Pembantu bendaharawan.

Lebih jauh dikatakannya, setelah selesainya tiem asistensi dalam penyempurnaaan penyusunan organisasi pemerintah daerah Swatantra tingkat I Lampung dan kelengkapan-kelengkapanya termasuk aparat daerah yang terdiri dari 13 dinas yaitu, Dinas Pertanian Rakyat, Dinas Kehewanan dan Peternakan, Dinas Kehutanan, Dinas Karet Rakyat, Dinas Perikanan Laut, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas lalu Lintas Jalan, Dinas Perindustrian Rakyat, Dinas Kesehatan Rakyat, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan dan Dinas Kesejahteraan Buruh.

Otonom tingkat I dan lain-lain maka pada tanggal 1 Mei 1964 tim Asistensi yang kala itu di ketuai oleh Pak Hi. Zainal Abidin Pagar Alam, Residen Lampung, dibubarkan sedang badan Legeslatif dan lain-lain, terus dilengkapi dan disempurnakan dengan berjalan baik. “Tim Asistensi itu dibubarkan pada tahaun 1964,” tutupnya.

Tags : humas dprd

Berita Lainnya


Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • URL
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 141 + 8 = ?