Bahasa Indonesia English
PENGUMUMANSELAMAT DATANG DI WEBSITE DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN LAMPUNG BARAT, http://www.dprd-Lampungbaratkab.go.id

Pripurna Istimewa dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Propinsi Lampung ke - 54

Bookmark and Share
19 Maret 2018 - 15:11:08 » Diposting oleh : yayansatria » Hits : 633 » Berita Dewan
Pripurna Istimewa dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Propinsi Lampung ke - 54

Lampung Barat – Peringati Hut Provinsi Lampung, Ketua Sekertariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Edi Novial, S.Kom., paparkan sekelumit sejarah terbentuknya Provinsi Lampung dalam sidang Paripurna Istimewa di Gedung Marghasana. Senin (19/3).

Pembentukan Provinsi Lampung pada masa itu masih di bawah naungan Pemerintahan Sumatra Selatan, Provinsi Lampung Sebelum menjadi Provinsi di bentuk Karesidenan Lampung. Tepat pada tanggal 18 Maret 1964 menjadi hari yang bersejarah bagi Provinsi lampung.

Bapak Kusno Dhanupojo di lantik menjadi Penjabat Gubernur oleh Menteri Dalam Negeri yang di wakili oleh Bapak Eny Karim. Tepat pada jam 20.00 Wib terjadilah detik-detik bersejarah yaitu upara serah terima Pemerintah Daerah/ Kepala Daerah yang di saksikan kala itu oleh Bapak eny Karim sebagai Wakil dari Menteri Dalam Negeri

Sejarah terbentuknya Provinsi Lampung Menurut Ketua DPRD termuda se-Provinsi Lampung tersebut, pihaknya mengatakan, Berdasarkan Surat  Menteri Dalam Negeri tenggal 14 Desember 1963 nomor : BK/2103/5-472, A. 17 .1313-3 oleh Pemerintah Daerah Sumatra Selatan, “lalu, surat keputusan oleh Pemerintah Pusat tanggal 08 Januari 1964 nomor : L.5/ 1964,” jelasnya.

Pada masa itu Pemerintah Pusat telah menyetujui pembentukan daerah Swatantra tingkat I Lampung dalam waktu sesingkat-singkatnya. Sebagai upaya percepatan Pemekaran, dibentuk team Asistensi yang bertugas membantu Gubernur/ Kepala Daerah Sumatra Selatan.

Diantaranya jelas pihkanya, Usaha percepatan mengumpulakan bahan-bahan yang di perlukan untuk pemindahan hak, tugas, kewajiban dan wewenang  dari Pemerintah Sumatera Selatan kepada Pemerintah Daerah Lampung. Seyogyanya, “ yaitu, menyoal kepegawaian, harta benda (bergerak atau tidak bergerak, Passiva dan Activa) untuk diserahkan kepada Pemerintah Daerah Lampung,” tutur bapak dua anak tersebut.

Dengan nada tinggi dia, bg Edi Sapaan Akrabnya mengatkan , Dirgahayu Provinsi Lampung, Pembangunan Sukses Lampung maju Rakyat Sejahtera.

Sementara itu Bupati Kabupaten Lambar, Hi. Parosil Mabsus, S.Pd., dalam pidatonya mengatakan,  kinerja pembangunan yang telah dicapai Provinsi Lampung buah kerja keras yang telah dilakukan bersama antara pihak Eksekutif dan Legislatif.

Pihaknya mengucapkan atas nama Pemerintah Provinsi Lampung rasa berterimakasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Provinsi Lampung telah menunjukan kerja sama yang baik.

“Saya sangat berterimakasih kepada Eksekutif dan Aleg Pemprov telah menunjukan kerja sama dengan baik, ataupun Lembaga, Dinas terkait yang sudah ikut campur tangan untuk pembangunan Lampung” ucap Bupati Kopi tersebut.   

Berita Lainnya


Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • URL
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 120 + 1 = ?
Web Link
DPR RI
MPR RI
DPRD RI
DPR RI
Agenda Dewan
Statistik
Total Hits : 873.930
Pengunjung : 323.459
Hari Ini : 326
Hits Hari Ini : 822
Online : 2
IP : 54.167.112.42
Browser : Other